-->

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Skripsi Pendidikan Matematika - Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa

setelah diberi pembelajaran dengan model CIRC, selain itu dibahas pula kaitan antara kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik serta aktivitas belajar siswa.

Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VII salah satu MTs Negeri di Kabupaten Cianjur. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas diambil dengan purposive sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran kooperatif model CIRC dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (biasa).

Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa soal tes matematik, format observasi dan angket untuk siswa. Data berupa hasil tes yaitu hasil pretes dan postes dianalisis secara kuantitatif, sementara itu data berupa hasil observasi dan angket dianalisis secara kualitatif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

a) peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran model CIRC lebih baik daripada siswa yang belajar secara konvensional,

b) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar menggunakan pembelajaran model CIRC lebih baik daripada siswa yang belajar secara konvensional.

c) ada keterkaitan yang signifikan antara kemampuan koneksi dan kemampuan pemecahan masalah matematik, dan

d) Siswa yang mengikuti pembelajaran model CIRC menunjukkan sikap dan minat positif. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model CIRC baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik.

Silahkan download skripsi "MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)" melalui link dibawah ini:


- Halaman depan

- Bab 1

- Bab 2

- Bab 3

- Bab 4

- Bab 5

- Halaman akhir

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger