-->

PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT

Masalah dalam skripsi pendidikan matematika ini dilatarbelakang oleh kenyataan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMP belum memuaskan. Masih rendahnya kemampuan penalaran siswa SMP, khususnya di kota Bandung ditunjukkan oleh hasil penelitian Priatna pada tahun 2003 yang menyimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa SLTP Negeri di kota Bandung hanya sekitar 49% dan 50% dari skor ideal.

Kemampuan berpikir kritis penting bagi siswa karena kemampuan ini merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika, lebih jauh lagi merupakan salah satu dari fungsi pendidikan nasional. Menurut Russefendi bahwa matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide proses dan penalaran.

Penelitian dalam skripsi pendidikan matematika ini mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut. Ide utama untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan pembelajaran matematika dengan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Strategi REACT adalah strategi pembelajaran yang ada dalam pembelajaran kontekstual, dimana pembelajaran ini terdapat lima langkah yaitu Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen, dengan desain pretes-postes.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 14 bandung dengan dua kelas diambil secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran matematika dengan Strategi REACT sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.


- Halaman depan

- Bab 1

- Bab 2

- Bab 3

- Bab 4

- Bab 5

- Halaman akhir

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger