-->

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

Skripsi pendidikan matematika ini berjudul "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA"

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan dasar dari sejumlah kemampuan matematis yang harus dicapai oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis juga merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah yang terdapat dalam panduan KTSP. Namun, pada kondisi pembelajaran matematika di sekolah saat ini masih menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk itu, diperlukan suatu pembelajaran yang mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya.

Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Knisley dengan metode brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Knisley dengan metode brainstorming lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran Knisley dengan metode brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang Tahun Ajaran 2010/2011 dengan sampel siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis (pretes dan postes) dan angket.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Knisley dengan metode brainstorming lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, serta siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran Knisley dengan metode brainstorming.

Silahkan anda download contoh skripsi pendidikan matematika "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA" melalui link dibawah ini sebagai referensi penulisan skripsi khususnya untuk mahasiswa pendidikan matematika.

- Halaman depan

- Bab 1

- Bab 2

- Bab 3

- Bab 4

- Bab 5

- Halaman akhir

source: http://repository.upi.edu

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger