Disamping itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing. Selain itu, ditujukan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama menggunakan model pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan Desain Kelompok Kontrol Pretest dan Post-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Tanjungpandan.
Sampel skripsi pendidikan matematika ini diambil dari dua kelas secara acak sehingga diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa tes kemampuan penalaran induktif matematis siswa dan instrumen nontes berupa angket dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori, siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap model pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing.
Download secara lengkap contoh skripsi pendidikan matematika melalui link berikut ini:
- Halaman depan
- Bab 1
- Bab 2
- Bab 3
- Bab 4
- Bab 5
- Halaman akhir