Peningkatan kemampuan pemahaman matematis ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengembangkan suatu model pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII.Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman matematis siswa MTs kelas VIIB MTs Az-Zahra yang masih rendah serta responpara siswa terhadap mata pelajaran matematika masih kurang.
Tujuan penelitian dalam skripsi pendidikan matematika ini untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa MTs kelas VIIB pada konsep aritmetikasosial dan mengetahui respon para siswa terhadap proses pembelajaran yang menggunakan model interaksi social dengan bermain peran.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus.
Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, dilihat dari analisis terhadap tesformatif di setiapakhirsiklusnya, sedangkan untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model interaksi social dengan bermain peran dilihat dari analisis data hasil isian siswa pada jurnal harian dan angket.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh bahwa jumlah nilai rata-rata sertadaya serap klasikal siswa dari setiap siklusnya terus mengalami peningkatan. Secara umum, penggunaan model interaksi sosial dengan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada konsep aritmetika social serta meningkatkan gairah belajar siswa.
Untuk mengetahui isi dari skripsi pendidikan matematika ini silahkan anda download melalui link dibawah ini:
- Halaman depan
- Bab 1
- Bab 2
- Bab 3
- Bab 4
- Bab 5
- Halaman akhir