Sabtu, 26 Mei 2012

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN CABRI 3D DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SPATIAL SENSE (TILIKAN RUANG) SISWA SMA

Skripsi pendidikan matematika ini mengkaji peningkatan kemampuan spatial sense siswa dengan menggunakan model pembelajaran matematika berbantuan cabri 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk desain kelompok kontrol pretes-postes. 

Subjek pada penelitian ini adalah 38 orang di kelas eksperimen dan 39 orang di kelas kontrol dari siswa kelas IX di SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapat pembelajaran matematika berbantuan Cabri 3D, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang mendapat pembelajaran konvensional. 

PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT

Masalah dalam skripsi pendidikan matematika ini dilatarbelakang oleh kenyataan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMP belum memuaskan. Masih rendahnya kemampuan penalaran siswa SMP, khususnya di kota Bandung ditunjukkan oleh hasil penelitian Priatna pada tahun 2003 yang menyimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa SLTP Negeri di kota Bandung hanya sekitar 49% dan 50% dari skor ideal. 

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DENGAN METODE QUANTUM PADA SISWA KELAS VIIA MTS

Penelitian skripsi pendidikan matematika yang berjudul:”Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Segi Empat Dengan Metode Quantum Pada Siswa Kelas VIIA MTs Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan" (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi segi empat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan kepada siswa kelas VIIA MTs.

Selasa, 22 Mei 2012

PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Skripsi pendidikan matematika ini berjudul "PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP". Dengan latar belakang oleh kesenjangan antara pentingnya representasi dari kemampuan matematika dalam matematika dan realitas yang menunjukkan bahwa representasi kemampuan siswa yang kurang.

MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Skripsi pendidikan matematika ini berjudul “ Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa” ini merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada pokok bahasan lingkaran. 

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS AKTIVITAS KRITIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS

Skripsi pendidikan matematika ini merupakan suatu penelitian desain (design research) tentang pengembangan bahan ajar matematika berbasis aktivitas kritis siswa SMP pada pokok bahasan persamaan garis lurus. 

Masalah yang melatarbelakangi skripsi pendidikan matematika ini antara lain materi persamaan garis lurus masih sulit dipahami siswa dan menjadi permasalahan dalam pembelajaran bagi guru. Siswa akan lebih memahami materi matematika apabila ia melakukan aktivitas atau kegiatan dalam belajarnya. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan bahan ajar yang memudahkan siswa dalam memahami materi ini, salah satunya yaitu berbasis pada aktivitas kritis siswa. 

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP

Skripsi pendidikan matematika ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) melalui Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP”.

Skripsi pendidikan matematika ini merupakan penelitian eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar yang dilaksanakan di kelas VIII semester 2 SMP Negeri 30 Bandung. 

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Contoh skripsi pendidikan matematika ini dapat anda download secara lengkap sebagai bahan referensi saat menyusun skripsi. Skripsi ini berjudul "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA".

Pembelajaran yang diterapkan saat ini kurang memperhatikan proses pembentukan pengetahuan serta interaksi dan komunikasi, baik antar siswa dengan siswa, maupun guru dengan siswa kurang berjalan dengan baik.