-->

EFEKTIVITAS TEKNIK SCAMPER DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas teknik SCAMPER dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang pada siswa kelas IX tahun ajaran 2017/2018.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling.

Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis berupa soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik SCAMPER efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Hal ini didasarkan pada peningkatan proporsi ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan pada sebelum dan sesudah pembelajaran.

Selain itu, teknik SCAMPER lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara selisih proporsi tuntas siswa kelas eksperimen dan proporsi tuntas siswa kelas kontrol.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger