Model pembelajaran CMP adalah model pembelajaran yang menitik beratkan pembelajaran pada tugas-tugas agar siswa aktif dan berdiskusi.
Penelitian ini dilakukan di MTs Khazanah Kebajikan Ciputat Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only, yang melibatkan 71 siswa sebagai sampel.
Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir reflektif berbentuk uraian.
Adapun kemampuan berpikir rekflektif memuat enam indikator yaitu mendeskripsikan masalah, mengevaluasi, mengidentifikasi masalah, membuat kesimpulan, memprediksi penyelesaian, menginterpretasi masalah.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif siswa yang diajar dengan model pembelajaran CMP lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CMP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir refleftif siswa.