-->

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMA

Skripsi pendidikan matematika ini dapat di download secara lengkap.

Skripsi ini memiliki judul "PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMA".

Multimedia dan metode/ strategi pembelajaran memegang peranan penting dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun hal ini sering diabaikan oleh guru. Terkadang siswa merasakan ketegangan, kesulitan dan ketakutan dalam belajar.

Maka dari itu penting adanya metode/ strategi dan media yang mampu membuat siswa nyaman belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini termasuk dalam kategori experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest.

Skripsi pendidikan matematika ini meneliti tentang Penerapan dan efektifitas strategi Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada mata pelajaran TIK. Dalam PBL siswa dihadapkan pada suatu masalah yang menantang dan dituntut untuk dapat terlibat secara aktif bersama-sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah. Dengan PBL dimungkinkan siswa dapat menghubungkan pengetahuan yang didapat disekolah dan mengaitkannya dengan aktivitas keseharian atau masalah yang mereka hadapi di luar sekolah.

Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan one-way Anova, didapatkan informasi bahwa Strategi Problem Based Learning berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan rata-rata nilai siswa pada semua kelompok, baik atas, tengah maupun bawah.

Rata-rata nilai siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 24,19% dan setelah diberi perlakuan meningkat sebesar 10,46% menjadi 34,65%. Berdasarkan perhitungan uji gain, terlihat bahwa strategi Problem Based Learning berbantuan multimedia lebih memberi pengaruh pada siswa kelompok atas dan tengah dibandingkan pada siswa kelompok bawah.

Download lengkap contoh skripsi pendidikan matematika :

- Halaman depan

- Bab 1

- Bab 2

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger