Penelitian dilaksanakan di salah satu madrasah tsanawiyah di Tangerang Selatan tahun ajaran 2017/2018. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang diukur dalam penelitian ini yaitu : (1) mengidentifikasi masalah, (2) memutuskan suatu tindakan, dan (3) menyimpulkan.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar observasi aktivitas siswa, dan jurnal harian siswa.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan Game Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Secara spesifik, indikator dari kemampuan berpikir kritis matematis yang mengalami peningkatan paling tinggi yaitu indikator memutuskan suatu tindakan.
Selain itu, aktivitas dan respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan Game Based Learning mengalami peningkatan yang positif dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mental dengan indikator menentukan tindakan merupakan aspek yang memiliki peningkatan paling tinggi.
DOWNLOAD MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN GAME BASED LEARNING