Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 87 Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah 71 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelompok eksperimen (POGIL) dan 35 siswa kelompok kontrol (ekspositori) yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang diukur dalam penelitian ini, yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model POGIL lebih tinggi daripada siswa yang mengggunakan model konvensional. Kata kunci: Model POGIL, Berpikir Kritis Matematis, Kuasi Eksperimen
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING(POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING(POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS