-->

PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN APLIKASI DESMOS GRAPHING CALCULATOR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Strategi konflik kognitif adalah strategi pembelajaran yang menyajikan konflik untuk menyadarkan siswa akan miskonsepsinya sehingga siswa akan mencari kebenaran atas pengetahuannya sampai terjadi ekuilibrasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi konflik kognitif berbantuan aplikasi desmos graphing calculator terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Aplikasi desmos graphing calculator merupakan aplikasi berbasis kalkulator grafik yang dapat digunakan sebagai media interaktif matematika.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Tangerang Selatan Tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Design, yang melibatkan 77 siswa sebagai sampel.

Tes kemampuan representasi matematis siswa meliputi indikator representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan strategi konflik kognitif berbantuan aplikasi desmos graphing calculator lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi konflik kognitif berbantuan aplikasi desmos graphing calculator berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger