Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi konflik kognitif berbantuan aplikasi desmos graphing calculator terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Aplikasi desmos graphing calculator merupakan aplikasi berbasis kalkulator grafik yang dapat digunakan sebagai media interaktif matematika.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Tangerang Selatan Tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Design, yang melibatkan 77 siswa sebagai sampel.
Tes kemampuan representasi matematis siswa meliputi indikator representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan strategi konflik kognitif berbantuan aplikasi desmos graphing calculator lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi konflik kognitif berbantuan aplikasi desmos graphing calculator berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Kata Kunci: Strategi Konflik Kognitif, Desmos Graphing Calculator, Representasi Matematis
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN APLIKASIDESMOS GRAPHING CALCULATOR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN APLIKASIDESMOS GRAPHING CALCULATOR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS