Subjek pada penelitian ini adalah 38 orang di kelas eksperimen dan 39 orang di kelas kontrol dari siswa kelas IX di SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapat pembelajaran matematika berbantuan Cabri 3D, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang mendapat pembelajaran konvensional.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengkaji apakah peningkatan kemampuan spatial sense siswa kelas eksperimen lebih baik daripada peningkatan kemampuan spatial sense siswa kelas kontrol; 2) untuk mengidentifikasi sikap siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan Cabri 3D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan spatial sense, angket sikap siswa, lembar observasi, dan lembar wawancara.
Berdasarkan hasil analisis terhadap data-data yang telah terkumpul melalui instrumen penelitian tersebut, kesimpulan umum dari penelitian ini adalah: 1) tidak ada perbedaan peningkatan kemampuan spatial sense siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) siswa pada umumnya memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika berbantuan Cabri 3D.
Untuk melihat skripsi pendidikan matematika ini secara lengkap dan jelas, silahkan download beberapa filenya dibawah ini
- Halaman depan
- Bab 1
- Bab 2
- Bab 3
- Bab 4
- Bab 5
- Halaman akhir