Kemampuan berpikir kritis penting bagi siswa karena kemampuan ini merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika, lebih jauh lagi merupakan salah satu dari fungsi pendidikan nasional. Menurut Russefendi bahwa matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide proses dan penalaran.
Penelitian dalam skripsi pendidikan matematika ini mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut. Ide utama untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan pembelajaran matematika dengan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Strategi REACT adalah strategi pembelajaran yang ada dalam pembelajaran kontekstual, dimana pembelajaran ini terdapat lima langkah yaitu Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen, dengan desain pretes-postes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 14 bandung dengan dua kelas diambil secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran matematika dengan Strategi REACT sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
- Halaman depan
- Bab 1
- Bab 2
- Bab 3
- Bab 4
- Bab 5
- Halaman akhir
- Halaman depan
- Bab 1
- Bab 2
- Bab 3
- Bab 4
- Bab 5
- Halaman akhir