-->

PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH BERDASARKAN TEORI BEBAN KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecemasan matematis, kemampuan pemecahan masalah matematika (KPMM), dan respon siswa dalam pembelajaran berbantuan media Autograph berdasarkan teori beban kognitif.

Penelitian dilakukan di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Tangerang Selatan tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.

Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, jurnal harian, dan tes KPMM. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran berbantuan media Autograph berdasarkan teori beban kognitif dapat menurunkan kecemasan matematis.

Penurunan kecemasan matematis meliputi indikator: (1) kognitif, (2) emosi, (3) fisiologis.

Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan KPMM dengan pembelajaran berbantuan media Autograph berdasarkan teori beban kognitif.

Peningkatan KPMM siswa meliputi indikator: (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana, (3) melaksanakan perhitungan, (4) memeriksa kembali.

Selain itu, respon positif siswa terhadap pembelajaran berbantuan media Autograph berdasarkan teori beban kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbantuan media Autograph berdasarkan teori beban kognitif dapat menurunkan kecemasan matematis, dimana siswa yang memiliki kecemasan matematis rendah, cenderung memiliki KPMM yang lebih tinggi, dan respon siswa terhadap pembelajaran lebih positif.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger