Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Jakarta Selatan tahun ajaran 2017/2018. Indikator kemampuan berpikir reflektif matematis yang diukur dalam penelitian ini yaitu:
(a) mendeskripsikan, (b) mengidentifikasi, (c) mengevaluasi, (d) memprediksi, dan (e) membuat kesimpulan.
Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu 35 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol.
Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk dan Uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata 5% diperoleh nilai signifikansi 0,000.
Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.
Secara spesifik, indikator dari kemampuan berpikir reflektif matematis yang mendapatkan hasil paling tinggi yaitu indikator mendeskripsikan masalah matematis.
Berikut ini contoh skripsi lengkap yang bisa Anda jadikan sumber referensi
DOWNLOAD
sumber: http://repository.uinjkt.ac.id