Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group post test only. Sampel penelitian sebanyak dua kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan Context Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan Context Based Learning adalah sebesar 74,70 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah sebesar 63,83.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Aritmatika Sosial dan Perbandingan dengan menggunakan Context Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa.
Kata kunci : Context Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa.
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH CONTEXT BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH CONTEXT BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA