-->

PENGARUH CONTEXT BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa antara siswa yang diajar menggunakan Context Based Learning (CBL) dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group post test only. Sampel penelitian sebanyak dua kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan Context Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan Context Based Learning adalah sebesar 74,70 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah sebesar 63,83.

Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Aritmatika Sosial dan Perbandingan dengan menggunakan Context Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa.

Kata kunci : Context Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa.


DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH CONTEXT BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger