-->

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEMA) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN RELASIONAL SISWA

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran APOS (Action, Process, Object, dan Schema) terhadap Kemampuan Penalaran Relasional Siswa.

Kemampuan penalaran relasional merupakan kemampuan untuk mengenali atau memperoleh hubungan yang bermakna di antara potongan informasi yang saling terkait.

Indikator kemampuan penalaran relasional yang diukur pada penelitian ini adalah komputasi, representasi dan algoritma, serta implementasi.

Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Ciputat pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain ramdomized posttest only control group design.

Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampel.

Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kemampuan penalaran relasional siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran APOS lebih tinggi daripada kemampuan penalaran relasional siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran APOS berpengaruh baik dalam meningkatkan kemampuan penalaran relasional siswa.

DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT,SCHEMA) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN RELASIONAL SISWA

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger