Kemampuan penalaran relasional merupakan kemampuan untuk mengenali atau memperoleh hubungan yang bermakna di antara potongan informasi yang saling terkait.
Indikator kemampuan penalaran relasional yang diukur pada penelitian ini adalah komputasi, representasi dan algoritma, serta implementasi.
Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Ciputat pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain ramdomized posttest only control group design.
Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampel.
Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kemampuan penalaran relasional siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran APOS lebih tinggi daripada kemampuan penalaran relasional siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran APOS berpengaruh baik dalam meningkatkan kemampuan penalaran relasional siswa.
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT,SCHEMA) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN RELASIONAL SISWA
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT,SCHEMA) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN RELASIONAL SISWA