-->

PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING (TBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA

Contoh skripsi pendidikan matematika

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Team Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa.

Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Depok pada tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan desain menggunakan The Randomized Post Test Only Control Design.

Sampel terdiri dari 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling.

Siswa kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran Team Based Learning, sedangkan siswa kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan metode diskusi kelompok.

Pengambilan data menggunakan instrumen tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik yang berbentuk uraian.

Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Team Based Learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger