-->

PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan pendekatan Inquiry based Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian dilakukan disalah satu SMP Negeri Jakarta tahun ajaran 2017/2018.

Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design, sampelnya adalah 35 siswa kelas VII-F sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Inquiry based RME dan 34 siswa kelas VII-G sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.

Instrumen penelitiannya yaitu tes kemampuan representasi matematis berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 61.27 dan kelas kontrol sebesar 53.57.

Selanjutnya dengan menggunakan uji t, diperoleh harga t hitung 2.349 dengan t tabel 1.6912 dan sig.(2-tailed) = 0.0115 < sig. 0.05, maka H0 ditolak.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Inquiry based RME lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED REALISTIC MATHEMATICSEDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Contoh Skripsi Pendidikan Matematika - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger