Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design, sampelnya adalah 35 siswa kelas VII-F sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Inquiry based RME dan 34 siswa kelas VII-G sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitiannya yaitu tes kemampuan representasi matematis berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 61.27 dan kelas kontrol sebesar 53.57.
Selanjutnya dengan menggunakan uji t, diperoleh harga t hitung 2.349 dengan t tabel 1.6912 dan sig.(2-tailed) = 0.0115 < sig. 0.05, maka H0 ditolak.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Inquiry based RME lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED REALISTIC MATHEMATICSEDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
DOWNLOAD SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED REALISTIC MATHEMATICSEDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA