Selasa, 22 Mei 2012

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS AKTIVITAS KRITIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS

sponsored link
Skripsi pendidikan matematika ini merupakan suatu penelitian desain (design research) tentang pengembangan bahan ajar matematika berbasis aktivitas kritis siswa SMP pada pokok bahasan persamaan garis lurus. 

Masalah yang melatarbelakangi skripsi pendidikan matematika ini antara lain materi persamaan garis lurus masih sulit dipahami siswa dan menjadi permasalahan dalam pembelajaran bagi guru. Siswa akan lebih memahami materi matematika apabila ia melakukan aktivitas atau kegiatan dalam belajarnya. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan bahan ajar yang memudahkan siswa dalam memahami materi ini, salah satunya yaitu berbasis pada aktivitas kritis siswa. 

Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui tugas-tugas yang memunculkan aktivitas kritis siswa SMP pada tahap pemahaman dan penerapan konsep persamaan garis lurus; 2) mengetahui tugas-tugas yang sulit diselesaikan siswa dari tugas-tugas yang memunculkan aktivitas kritis siswa SMP pada tahap pemahaman dan penerapan konsep persamaan garis lurus; 3) mengetahui tugas-tugas yang penyelesaiannya membutuhkan intervensi.

Penelitian desain terdiri dari tiga fase yaitu preliminary design, experiment, dan retrospective analysis. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cimahi. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). 

Untuk lebih jelasnya, silahkan download secara lengkap skripsi pendidikan matematika sesuai judul diatas melalui link dibawah ini.



sponsored link

Artikel yang berkaitan



1 komentar:

  1. maaf lagi admin...untuk link BAB 4 isi na ternyata sama seperti link BAB 3...

    BalasHapus